Profile Jiraiya Legenda Sannin

Nama : Jiraiya
Desa : Konohagakure
Status : Legenda Sannin
Karakteristik : Berjiwa muda, ulet, kuat, suka menulis, mata keranjang.
Kekuatan : Rasengan, Summon

     Jiraiya berarti "semangat muda" atau young thunder adalah salah satu dari 3 legenda Sannin, dia juga seorang ninja yang bisa mengubah wujudnya menjadi seekor katak besar. Pada masa kecilnya dia selalu kalah apabila dibandingkan dengan Orochimaru (kayak naruto yang selalu kalah dibandingkan Sasuke). Dia adalah guru Naruto, Hokage 4 dan yang baru diketahui pada serial Naruto Shipudden ternyata dia juga guru dari Pain (wah hebat, hebat).
      Foto disamping saat Jiraiya menolong Naruto saat ditangkap oleh anggota Akatsuki (Itachi dan Kisame) dan dia mengeluarkan jurus yang dapat mengikat seseorang masuk kedalam perutnya dengan jurus tersebut (bercampur nasi ma lauk-pauknya dunk). Jiraiya adalah salah satu dari tiga Legenda Sannin yang sangat terkenal di Konoha bahkan sampai ke desa-desa tetangga. Dalam Komik-Naruto-Anime atau film-film Naruto, Jiraiya berperan melindungi Naruto dari organisasi rahasia Akatsuki.
      Dalam misinya untuk melindungi Naruto, dia juga mengajarkan jurus andalan Hokage 4 yaitu Rasengan. Dia bermaksud supaya Naruto bisa melindungi dirinya sendiri suatu saat nanti dari serangan anggota Akatsuki yang menginginkan "Kyubi" yang tertanam dalam tubuh Naruto (pakai pupuk biar tambah subur). Dalam perjalanannya bersama dengan naruto untuk mencari Tsunade dia terus mengajarkan kekuatan-kekuatan baru yang dimilikinya kepada Naruto, karena dia tahu bahwa dalam ramalan tetua Katak dia akan memiliki murid yang dapat merubah semuanya dalam dunia Shinobi, entah merubah menjadi lebih buruk ataupun menjadi lebih baik. Dan dia melihat dalam diri Naruto terdapat kekuatan yang dapat membuat orang merasa nyaman berada didekatnya, maka dia memutuskan untuk mengangkat Naruto sebagai anak didiknya yang terakhir.
      Foto disamping adalah kekuatan Sage mode dari Jiraiya, kekuatan sage Jiraiya ini masih belum sempurna karena sebagian fisiknya berubah jadi katak. Akan tetapi Naruto bisa menyempurnakan kekuatan Sage ini pada suatu saat nanti. Jiraiya hanya sekali memperlihatkan kekuatan sesungguhnya ini pada saat ia menghadapi ketua Akatsuki yang tak lain adalah mantan anak didiknya sendiri (Pain). Karena dia mengetahui kekuatan yang dimiliki Pain ini sangat kuat maka dia mengeluarkan sage mode untuk menghadapinya.

     Foto dibawah diambil saat Jiraiya bertarung menghadapi Pain (bukan Tsunade low), Jiraiya kewalahan menghadapi Pain karena Pain yang sesungguhnya berjumlah 6 orang yang terhubung dengan antena chakra antara Pain yang satu dan yang lainnya. Dalam pertarungan ini Jiraiya tidak mampu mengalahkan pain, bahkan dia harus merelakan dirinya untuk mati di tangan pain. Dia juga meninggalkan nomor kode rahasia (togel kali ya) untuk diberikan kepada Naruto sebelum dia mati (Inallilahi)